Aksi Nyata Topik 6: Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan


Pada akhir pembelajaran setiap topik, kita diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. kita dapat menceritakan refleksi dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya. Berikut ini adalah refleksi dari berbagai alur yang saya susun:

1.     Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum mempelajari tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik saya belum menyadari bahwa isu-isu tersebut ternyata memiliki pengaruh besar terhadap peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Isu-isu tersebut berkaiatan dengan lingkungan belajara peserta didik. Oleh karena itu sebagai guru harus dapat memahami dengan sungguh-sungguh mengenai isu-isu perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, sehingga nantinya pembelajaran akan terlaksana dengan efketif dan efisien sesuai dengan harapan yang diinginkan.

2.       Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Pada topik ini menjelaskan mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD untuk mewujudkan pendidikan yang berpihak pada peserta didik.

3. Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi yang telah saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan yaitu mengenai pandangan masing-masing kelompok tentang penerapan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik, serta materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD. Melalui kegiatan tersebut membantu saya lebih mengetahui sudut pandang lain mengenai penerapan ZPD dalam kegiatan pembelajaran.

4.  Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yaitu melakukan kegiatan berdiskusi mengenai kesiapan peserta didik dalam menghadapi isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Menyampaikan pandangan mengenai persamaan dan perbedaan terhadap isu-isu yang sering ditemukan dalam pendidikan dan pembelajaran.

5.    Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?, Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut

Sejauh ini pemahaman saya tentang topik ini bahwa isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD. Hal baru yang saya pelajari setelah mengikuti mata kuliah ini membuat saya lebih mengerti tentang pentingnya memahami dengan seriuss isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kegiatan pembelajaran. Hal yang saya pelajari lebih lanjut mengenai topik ini yaitu bagaimana cara merancang pembelajaran yang menyesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik dengan memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik.

6.   Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Materi yang sudah saya pelajari pada koneksi antar materi pada mata kuliah ini dengan mata kuliah lain adalah penerapan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik guna menciptakan pembelajaran yang aman dan nyaman agar membantu guru dalam terciptanya lingkungan belajar yang berpihak pada peserta didik. Penjelasan detail mengenai pandangan tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

 

7.    Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?, Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10?, Apa alasannya?, Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Manfaat mempelajari perspektif sosiokultural membantu saya memahami pentingnya memahami isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik sesuai dengan latar belakang peserta didik. Serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD . Kesiapan saya saat ini berada pada skala 8. Alasannya karena saya menyadari bahwa saya belum memahami serta menerapkan dengan optimal mengenai isu-isu dalam persepktif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang seharusnya dapat membantu guru dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi peserta didik. Sehingga setelah menerapkan tersebut dapat tercipta lingkungan belajar yang berpihak peserta didik. Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk menerapkannya dengan optimal yaitu mempelajari lebih lanjut mengenai penerapan isu-isu perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik melalui literasi, percobaan berulang, dan bertanya dengan rekan sejawat maupun guru senior dan dosen.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama