Pada akhir pembelajaran setiap topik, kita diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. kita dapat menceritakan refleksi dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya. Berikut ini adalah refleksi dari berbagai alur yang saya susun:
1. Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai
proses pembelajaran?
Sebelum
mempelajari tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran
penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik saya
belum menyadari bahwa isu-isu tersebut ternyata memiliki pengaruh besar terhadap
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Isu-isu tersebut berkaiatan dengan
lingkungan belajara peserta didik. Oleh karena itu sebagai guru harus dapat
memahami dengan sungguh-sungguh mengenai isu-isu perspektif sosial, budaya,
ekonomi dan politik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, sehingga nantinya
pembelajaran akan terlaksana dengan efketif dan efisien sesuai dengan harapan
yang diinginkan.
2. Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam
topik ini?
Pada topik ini
menjelaskan mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran
penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik.
Serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode,
dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada
ZPD untuk mewujudkan pendidikan yang berpihak pada peserta didik.
3. Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan
rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dalam ruang
kolaborasi yang telah saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan
yaitu mengenai pandangan masing-masing kelompok tentang penerapan isu-isu
penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam
perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Serta mengaitkan dan
menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik, serta
materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD. Melalui
kegiatan tersebut membantu saya lebih mengetahui sudut pandang lain mengenai
penerapan ZPD dalam kegiatan pembelajaran.
4. Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi
kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan
diri sendiri)?
Hal penting
yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yaitu melakukan kegiatan
berdiskusi mengenai kesiapan peserta didik dalam menghadapi isu-isu
penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Menyampaikan pandangan
mengenai persamaan dan perbedaan terhadap isu-isu yang sering ditemukan dalam
pendidikan dan pembelajaran.
5. Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa
hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran
dimulai?, Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut
Sejauh ini
pemahaman saya tentang topik ini bahwa isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan
pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan
politik serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi,
metode, dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai
scaffolding pada ZPD. Hal baru yang saya pelajari setelah mengikuti mata kuliah
ini membuat saya lebih mengerti tentang pentingnya memahami dengan seriuss
isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam
perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kegiatan pembelajaran. Hal
yang saya pelajari lebih lanjut mengenai topik ini yaitu bagaimana cara
merancang pembelajaran yang menyesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta
didik dengan memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik.
6. Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di
dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Materi yang sudah saya pelajari pada koneksi antar materi pada mata kuliah ini dengan mata kuliah lain adalah penerapan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik guna menciptakan pembelajaran yang aman dan nyaman agar membantu guru dalam terciptanya lingkungan belajar yang berpihak pada peserta didik. Penjelasan detail mengenai pandangan tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
7. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai
guru?, Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10?, Apa
alasannya?, Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya
dengan optimal?
Manfaat
mempelajari perspektif sosiokultural membantu saya memahami pentingnya memahami
isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam
perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik sesuai dengan latar belakang
peserta didik. Serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan,
strategi, metode, dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai
scaffolding pada ZPD . Kesiapan saya saat ini berada pada skala 8. Alasannya karena
saya menyadari bahwa saya belum memahami serta menerapkan dengan optimal mengenai
isu-isu dalam persepktif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang seharusnya dapat
membantu guru dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi peserta
didik. Sehingga setelah menerapkan tersebut dapat tercipta lingkungan belajar
yang berpihak peserta didik. Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk
menerapkannya dengan optimal yaitu mempelajari lebih lanjut mengenai penerapan
isu-isu perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik melalui literasi,
percobaan berulang, dan bertanya dengan rekan sejawat maupun guru senior dan
dosen.
Posting Komentar